Kajian Kritis: Membaca Pemahaman

Membaca Pemahaman
Dalam kehidupan sekarang ini membaca merupakan kebutuhan setiap orang. Bahkandapat dikatakan bahwa membaca merupakan kebutuhan primer manusia modern. Berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupanmodern selalu berhubungan dengankegiatan membaca. Hampir tidak ada aktivitas manusia yang berhubungan dengankegiatan membaca. Bahkan ada orang yang merasa tidak enak kalau dalamsehari tidak membaca.\membaca pada hakikatnya memahami gagasan penulis. Gagasan penulis dalam sebuah bacaan dapat dipilah menjadi dua, yaitu gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan penulis, pada tataran yang lebih kecil tampak pada gagasan dalam paragraf. Sebuah paragraf berisi gagasan utama dan gagasan penjelas, oleh karena itu, pengenalan terhadap gagasan utama dan gagaasan penjelas merupakan hal yang sangat penting dalam membaca. Menurut Nurhadi (1988: 69), gagasan utama adalah gagasan pokok yang melandasi pengembanganbacaan.
Dalam membaca apa saja, hendaklah pembaca menemukan ide pokok (gagasan utama). Adapun tujuan dalam membac auntuk mendapatkaninformasi, untuk santai, pembaca harus melaju menyerbu ide pokok (gagasan utama). Baik secara emosional maupun secara intelektual, pembaca harus tunduk pada prinsip “apabila kita membaca untuk mendapatkan iode pokok (gagasan utama), dengan sendirinya detail akan terurus” (Soedarso, 1966: 64).
Pendfapat serupa juga dikemukakan oleh Nurhadi (1988: 69), bahwa tujuan membaca adalah menangkap gagasan utama yang melandasi pengembangan bacaan. Gagasan utama adalah ide-ide yangmembangun keseluruhan bacaan. Sebuah teks bacaan yang utuh adalah sebuah bangun yang terdiri atas gagasan-gagasan yanglebih kecil. Untuk menangkap ide dasar itu yang terpenting bagi seorangpembaca adalah menyerap ide-ide yang lebih kecil.

Respelei Anggar F, S.Pd.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: