Kajian Kritis: Menyampaikan Laporan

Menyampaikan Laporan
Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa kelas IX dalam KTSP SMP adalah menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar. Indikatornya adalah: (1) mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci, (2) mampumelaporkan berbagaiperistiwa dengan volume suara dan intonasi yang jelas.
Melaporkan berarti menyampaikan gagasan, lukisan, atau peristiwa terjadinya sesuatuhal (Depdiknas, 2004: 94). Berdasarkan penjelasan tersebut hal yang dilaporkan dapat berupa laporan peristiwa yang diturunkan dan bersifat memberi gambaran atau melukiskan hal tersebut.
Salah satu ciri pembicara yang baik adalah memanfaatkan alat bantu. Untuk lebih memudahkankhalayak memahami penjelasannya, seorang pembicara yang baik dapat mencarikan contoh atau ilustrasi yangmengena dan sesuai dengan lingkungan pendengarnya. Selain itu, dia juga akan memanfaatkan alat bantu yang menurutnya perlu untuk memudahkanpenjelasan, misalnya: penggunaan gambar (Depdiknas, 2004: 81).
Media merupakan salah satu komponen pembelajaran yang dapat menunjang lancarnya komunikasi antara guru dan siswa, atau antara siswa dengan siswa. Dari berbagai pendapat ahli dapat disimpulkan bahwa media adalah setiap orang, bahan, alat, atauperistiwa yang dapat memungkinkan siswa menerima pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Lelay Nangkai Puji, S.Pd.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: